Bismillahirrahmanirrahim > Program Pendidikan > Pelatihan Bekam

 
 

Pelatihan Bekam

 A. Pengertian Bekam

Bekam adalah pengobatan yang sudah dikenal sejak ribuan tahun sebelum masehi. Nama lainnya adalah hijamah, canduk, canthuk, kop, mambakan dan di Eropa dikenal dengan “CUPING THERAPEUTIC METHOD”. Di dalam bahasa Mandarin disebut Pa Hou Kuan.
Kata bekam dalam bahasa Arab yaitu hijamah, dari kata al-hijmu yang berarti pekerjaan membekam. Al Hajjam berarti ahli bekam. Al Hijmu berarti menghisap atau menyedot. Al Hajjam sama dengan Al Mashshash, yaitu tukang menghisap atau tukang bekam. Sedangkan Al Mihjam atau Al Mihjamah merupakan alat untuk bekam yang berupa tabung/gelas untuk menampung darah yang dikeluarkan dari kulit.
B. Dalil-dalil Bekam
            Banyak penyakit dapat disembuhkan melaluinya, pendapat ini bersandar pada Hadith SAW:
عليكم بالحجامة في جوزة القَمَحْدُوَةِ فإنه دواء من اثنتين وسبعين داَءً، وخمسة أدْواَءٍ من الجُنُوْنِ والجُذاَمِ والبَرَصِ ووَجْعُ الأضْراَسِ. [رواه الطبراني]
 
“Hendaklah kamu melakukan bekam di tengah tengkuk kerana sesungguhnya ia dapat menyembuhkan 72 penyakit, 5 penyakit gila, kusta, belang (vitiligo) dan sakit gigi.”
Hari bekam yang biasa dilakukan Rasulullah SAW:
كان رسول الله صلى الله عليه سلم يَحْتَجِمُ في الأخْدَعَيْنِ والكاَهِلِ، وكان يَحْتَجِمُ لِسَبْعَةِ عَشَرَ، وتِسْعَةَ عشر، وَفِي إحْدَى وعِشْرِينَ.
[رواه أحمد وأبو داود والترمذي وابن ماجه]
“Bahwasanya Rasulullah SAW berbekam di akhda‘ain dan kāhilnya pada hari ke 17, 19 dan 21”.
      
C. Keutamaan Bekam
Bekam mempunyai keutamaan tersendiri yang tidak dimiliki oleh pengobatan modern saat ini. Diantara keutamaan bekam adalah sebagaimana yang disebutkan dalam beberapa riwayat berikut :
1.      Rasulullah saw bersabda, ”Sebaik-baik pengobatan yang kalian lakukan adalah bekam”. (HR.Ahmad)
2.      Rasulullah saw bersabda,”Pengobatan yang paling ideal yang dilakukan manusia adalah bekam”. (HR.Muslim)
3.      Rasulullah saw menyebutkan 3 pokok kesembuhan. ”Kesembuhan bisa dilakukan dengan 3 cara, yaitu : sayatan pisau/tusukan jarum bekam, tegukan madu dan sundutan api. Namun aku tidak menyukai berobat dengan sundutan api”. (HR.Bukhori-Muslim)
4.      Dari Ibnu Abbas ra, Nabi saw bersabda,”Orang yang paling baik adalah seorang tukang bekam, karena ia mengeluarkan darah kotor, meringankan otot yang kaku dan mempertajam pandangan mata orang yang dibekamnya”. (HR.Tirmidzi, Hasan gharib)
5.      Banyak pula hadist yang menceritakan dan memerintahkan kepada umatnya untuk melakukan bekam. Diantaranya :
a.       Ketika peristiwa Isra’ Mi’raj di setiap pintu langit malaikat menasehati ”Perintahkan umatmu untuk berbekam”. (HR.Tirmidzi, Hasan gharib)
b.      Dari Ibnu Abbas ra berkata,”Rasulullah saw berobat dengan bekam ketika beliau sedang ihram”. (HR.Bukhari).
Dari Ibnu Abbas ra berkata,”Rasulullah saw berobat dengan bekam ketika beliau sedang puasa”. (HR.Bukhari).

Ayo..tunggu apa lagi...??? Ikutilah jejak sukses mereka.... mengambil kesempatan emas ini untuk mengubah PENGANGGURAN menjadi KEMAKMURAN.

Daftarlah sekarang Juga !!!

Tulis nama, umur, pendidikan terakhir, alamat lengkap pada formulir